Inti Beladiri Adalah Cinta



beladiri, martial art, jeet kune doSeni beladiri muncul sebagai cara manusia membela atau mempertahankan diri. Karena merupakan insting manusia untuk selalu melindungi diri dari berbagai serangan kejahatan di dalam kehidupannya. 

         Pada awalnya manusia menggunakan teknik tangan kosong sebagai alat membela dirinya. Sehingga ketangkasan bertarung tangan kosong berkembang sebagai upaya bertahan dan menyerang lawan. Selain itu juga berguna sebagai cara meningkatkan kekuatan fisik manusia. 

Seni Beladiri Berkembang di Seluruh Dunia
 
Seiring perkembangan zaman, banyak ditemukan senjata yang bisa mendukung manusia dalam membela diri. Seni beladiri pun berkembang dari ketangkasan tangan kosong bertambah dengan ketangkasan dalam menggunakan berbagai senjata. Alat yang biasanya digunakan berupa senjata tumpul dan senjata tajam. Senjata tumpul seperti tongkat dan nunchaku (ruyung). Sedangkan senjata tajam di antaranya adalah tombak, pedang, golok, pisau, clurit, suliken, keris dan lain sebagainya. 

Hampir di setiap belahan dunia memiliki seni beladiri masing-masing. Gerakannya beraneka ragam, unik dan indah. Seperti di Indonesia berkembang pesat seni beladiri Pencak Silat dengan berbagai aliran. Di negeri tirai bambu, Cina berkembang seni beladiri Kung Fu. Di Jepang juga terdapat banyak seni beladiri di antaranya Karate, Kempo, Aikido, Jiu Jitsu dan Kendo. Korea mengembangkan seni beladiri Te Kwon Do dan Thailand sangat terkenal dengan Muay Thai. Serta masih banyak lagi jenis seni beladiri yang lahir di muka bumi ini.

Beladiri Mengajarkan Kerendahan Hati 

Beladiri sekilas identik dengan kekerasan. Padahal dalam seni beladiri diajarkan kerendahan hati, kebijaksanaan dan spiritualitas. Sikap saling mencintai sesama manusia diajarkan. Sehingga menghindari perkelahian adalah sikap seorang ksatria. Beladiri bisa diibaratkan sebagai senjata mematikan yang mempunyai sisi baik dan buruk. Senjata bisa menolong umat manusia tetapi sekaligus bisa digunakan untuk memusnahkan manusia.
Baik buruknya beladiri sangat bergantung pada yang memilikinya atau penggunanya. Itulah mengapa dalam beladiri diajarkan sikap saling mencintai sesama manusia dan alam semesta. Beladiri bukan alat untuk melakukan kerusakan. Beladiri untuk persahabatan dan perdamaian. Ilmu beladiri akan digunakan ketika terdesak dan membela diri dari keburukan. Sekedar mempertahankan diri dan memerangi kejahatan. 
Hampir semua beladiri mengajarkan kebaikan. Anda bebas memilih jenis aliran seni beladiri sesuai minat dan selera. Berlatihlah dengan semangat dan tekun, supaya mendapat hasil yang memuaskan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sang Ksatria yang Rendah Hati

Nunchaku Kian Populer